Agus Naim
Agus Naim Seorang Blogger yang ingin sharing pengalaman dan pengetahuan kepada semua orang. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat.

9 Kunci Sukses Dalam Berbisnis

9 Kunci Sukses Dalam Berbisnis


9 Kunci Sukses Dalam Berbisnis - Untuk berhasil dalam berbisnis, dibutuhkan sikap yang fleksibel dan memiliki keterampilan perencanaan dan pengorganisasian yang baik. Tidak sekedar menyediakan modal yang besar, membuka tempat usaha, menjalankannya dengan sistem yang canggih, dengan ketersediaan karyawan yang mumpuni. Disisi lain ada hal yang penting dan perlu diperhatikan agar bisnis yang Anda jalankan bisa sukses sesuai cita – cita Anda.

Berikut ini 9 hal yang perlu diperhatikan agar bisnis anda menemukan sebuah kesuksesan:

1. Pengorganisasian

Untuk menjadi sukses dalam bisnis perlu adanya pengaturan atau pengorganisasian. Dengan mengorganisasi usaha atau bisnis anda, hal tersebut dapat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan. Pengorganisasian yang dimaksud adalah bagaimana karyawan bekerja sesuai job desk masing – masing atau sesuai tugas masing – masing. Artinya jangan ada karyawan yang bekerja dengan tugas yang ganda.

2. Detail Perencanaan

Rencanakan apa yang akan Anda lakukan secara detail. Misal, kapan Anda akan promosi, mengapa Anda harus melakukan promosi dibulan itu, siapa sasaran promosi Anda, kemana Anda akan promosi dan lain sebagainya. Strategi –strategi tersebut harus Anda rencanakan dengan baik.

3. Menganalisis Pesaing Anda

Jangan takut akan persaingan, karena kompetisi atau persaingan akan menghasilkan produk andalan. Untuk menjadi sukses, Anda tidak boleh malu atau gengsi untuk belajar dan terus belajar dari pesaing Anda yang telah meraih sukses.

4. Siap terhadap risiko

Pengusaha sukses adalah orang yang siap gagal. Bisnis hanya memiliki dua pilihan “Gagal dan Sukses”. Mengapa harus siap gagal, karena jika Anda siap menghadapi kegagalan maka nda tidak akan mudah putus asa. Bisnis membutuhkan orang yang kuat segala-galanya utamanya mental. Untuk itu yang harus Anda siapkan adalah anda harus Siap Gagal dan kembali bangkit untuk meraih kesuksesan.

5. Penuh Kreatifitas

dengan adanya persingan maka mendorong anda untuk terus berkreasi, melakukan inovasi dan inovasi. Kekuatan usaha anda terletak pada seberapa inovasi yang sudah anda lakukan. Anda harus selalu mencari cara untuk meningkatkan potensi bisnis Anda dan membuat bisnis anda lebih menonjol atau berbeda dari kompetitor.

6. Tetap Fokus

Ingat pepatah ini "Kota Roma tidak dibangun dalam sehari". Anda membuka usaha atau bisnis bukan berarti bahwa Anda akan segera sukses. Butuh waktu untuk membiarkan orang tahu tentang bisnis Anda. Jadi tetap fokus pada pencapaian tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ingat bahwa “semua akan indah pada waktunya”.

7. Siap Berkorban

Siapkan mental anda dan waktu anda untuk bisnis Anda. Setidaknya anda harus siap berkorban waktu yang lebih untuk usaha Anda. Memikirkan bagaimana usaha Anda dan kelangsungan bisnis Anda, apa yang harus Anda kerjakan untuk usaha Anda.

8. Siap Melayani

Anda harus siap memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pelanggan Anda. Tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan, cepat atu lambat maka tunggulah kehancuran usaha Anda.

9. Konsisten

Konsistensi adalah komponen kunci kesuksesan dalam berbisnis. Lakukan bisnis Anda secara konsisten, jangan mudah putus asa dengan keadaan atau kondisi yang kadang menjemukan. 

Kesimpulan

Menjalankan bisnis penuh dengan tantangan. Keberhasilan membutuhkan fokus, disiplin dan ketekunan. Namun ingat, sukses tidak akan datang dalam semalam, sukses membutuhkan waktu, fokus dan tetap konsisten dalam kondisi bagaimanapun.


Agus Naim
Agus Naim  Seorang Blogger yang ingin sharing pengalaman dan pengetahuan kepada semua orang. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat.

Komentar